Inilah Panduan E-Rapor SMP Tahun Terbaru

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 23 Tahun2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan menjelaskan bahwa penilaianpendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaianhasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasilbelajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses,kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secaraberkesinambungan.

Penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakanpenilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah danmemanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian. Proses penilaian hasil belajarpeserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebihsistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukungdengan perangkat aplikasi komputer. 

Berkaitan dengan hal tersebut, DirektoratPembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar danMenengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan aplikasi e-Raporutuk SMP yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasukpanduan penggunaannya. Panduan ini berisi tentang aplikasi e-Rapor berbasisweb, yang memuat tentang mekanisme hingga kewenangan dari pengguna aplikasie-Rapor tersebut. 

Secara rinci juga dijelaskan tentang panduan penggunaane-Rapor untuk Admin, Guru Mata Pelajaran, Guru Bimbingan dan Konseling, WaliKelas, dan Peserta Didik. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidikdan satuan pendidikan dalam menggunakan aplikasi e-Rapor dalam merencanakan danmelaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, sertamembuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik.


Ruang Lingkup :
Ruang lingkup panduan e-Rapor SMP ini mencakup karakteristikaplikasi e-Rapor SMP, alur data e-Rapor SMP, level kewenangan pengguna e-RaporSMP yang meliputi kewenangan admin, guru mata pelajaran, guru bimbingan dankonseling, wali kelas dan siswa. Panduan untuk admin meliputi langkah tugas dankewenangan admin, alur kerja admin dari instalasi e-Rapor SMP hingga pengirimannilai ke server Dapodik. Panduan untuk guru mata pelajaran meliputi tugas dankewenangan guru mata pelajaran dalam hubungannya dengan e-Rapor SMP. Demikianhalnya alur kerja guru mata pelajaran mulai merencanakan penilaian yangmencakup empat aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual dan sikapsosial. Selanjutnya guru mata pelajaran menginput nilai baik secara manualmaupun dengan cara impor. Panduan untuk guru bimbingan dan konseling, mencakupkewenangan guru Bimbingan dan Konseling dalam e-Rapor SMP serta langkahperencanaan dan input nilai sikap baik spiritual mapun sosial. Dalam hal iniguru Bimbingan dan Konseling juga dapat memantau grafik perkembangan nilaisiswa dari setiap semester. Panduan untuk wali kelas mencakup kewenangan walikelas dalam e-Rapor SMP serta langkah input nilai sikap, input kehadiran siswa,input nilai ekstra kurikuler, input catatan wali dan cetak rapor. Panduan untuksiswa mencakup kewenangan siswa dalam e-Rapor SMP serta panduan untuk melihatnilai dalam e-Rapor.

Sasaran Pengguna :
Panduan ini diperuntukkan bagi pihak-pihak sebagai berikut:
1. Admin e-Rapor
2. Guru mata pelajaran
3. Guru bimbingan dan konseling
4. Wali Kelas
5. Siswa
6. Kepala Sekolah
7. Orantua/wali murid

APLIKASI E-RAPOR SMP
  1. Aplikasi e-Rapor berbasis Web E-Rapor SMP adalahaplikasi berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstalpada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client(dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik,kepala sekolah danorang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melaluijaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser. Gambarberikut ini menunjukkan contoh konfigurasi jaringan pada aplikasi e-Rapor .
  2. Alur Data pada e-Rapor Sebagaimana kita ketahui,aplikasi e-Rapor SMP ini terintegrasi dengan basis data pada Dapodik. Dapodikmenyediakan data referensi pokok yang diperlukan oleh e-Rapor SMP, antara laindata sekolah, data siswa, data rombel, data anggota rombel, data guru matapelajaran dan data pembelajaran. e-Rapor mengambil data referensi dari Dapodikmelalui proses ambil data Dapodik yang dilakukan oleh admin e-Rapor. Gurumapel, guru BK dan wali kelas melakukan input nilai ke aplikasi e-Rapor SMP.Admin mengirim data server lokal Dapodik melalui proses sinkron nilai keDapodik. Operator Dapodik mengirim nilai dari server lokal ke server Dapodikpusat melalui proses sinkronisasi.
  3.  Level Kewenangan Pengguna e-Rapor Di dalame-Rapor SMP ini dikenal level pengguna (user) yang terdiri atas : 1. AdminAdmin adalah orang yang ditunjuk kepala sekolah untuk mengelola data padaaplikasi e-Rapor SMP ini dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah. 2. Guru matapelajaran Guru adalah tenaga pendidik yang terdaftar di dalam data Dapodik danberwenang memberikan penilaian terhadap kompetensi siswa sesuai mata pelajaranyang diampunya. Kompetensi yang dimaksud adalah pengetahuan, keterampilan,sikap spiritual dan sikap sosial. 3. Guru bimbingan dan konseling GuruBimbingan dan Konseling (BK) adalah tenaga pendidik yang terdaftar di dalamDapodik dan berwenang untuk memberikan penilaian sikap spiritual dan sikapsosial. Selain itu, guru Bimbingan dan Konseling bertugas memantau perkembangannilai siswa dari semester ke semester 4. Wali kelas Wali kelas adalah tenagapendidik yang terdaftar di dalam Dapodik dan berwenang melengkapi data raporserta melakukan pencetakan rapor. 5. Siswa Siswa adalah perserta didik yangterdaftar di dalam Dapodik dan berhak mengakses data pribadinya serta melihatnilai rapor. Dalam hal ini siswa tidak berhak untuk mengubah data yang ada. 6.Kepala Sekolah Kepala sekolah penanggung jawab seluruh proses penilaian disekolah. Kepala sekolah berwenang memantau seluruh proses penilaian yangdilakukan oleh guru dengan menggunakan hak akses admin. 7. Orang tua/wali muridOrang tua/wali murid berhak memantau nilai yang diperoleh putra/putrinya denganmenggunakan hak akses siswa


Rekan-rekan semua bisa mendownload panduan E-raport SMP padalink di bawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel